B. Menggambar kunci untuk animasi
- Menu, berisi kumpulan instruksi atau perintah-perintah yang digunakan dalam Flash. Misalnya, klik menu File, Save berfungsi untuk menyimpan dokumen.
- Stage adalah dokumen atau layar yang akan digunakan untuk meletakkan objek-objek dalam Flash.
- Timeline berisi frame-frame yang berfungsi untuk mengkontrol objek yang akan dianimasikan.
- Toolbox, berisi tool-tool yang berfungsi untuk membuat, menggambar, memilih dan memanipulasi objek atau isi yang terdapat di layar (stage) dan timeline.
- Panels, berisi kontrol fungsi yang dipakai dalam Flash, yang berfungsi untuk mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dan objek atau animasi secara cepat dan mudah.
- Properties, fungsinya sama dengan Panels, hanya saja Properties merupakan penggabungan atau penyederhanaan dari panel. Jadi, dapat lebih mempercepat dalam mengganti dan memodifikasi berbagai atribut dan objek, animasi, frame dan komponen secara langsung.
Memanfaatkan Ruler, Grid Dan Guide
a. Menggunakan Ruler
Untuk memunculkannya klik View > Rulers.
Ruler ditampilkan disepanjang sisi kiri dan atas dokumen pada stage. Ketika Anda memindah satu atau sekelompok objek pada Stage, Flash akan menampilkan sebuah garis pada ruler untuk menunjukkan posisi elemen tersebut.
b. Menggunakan Grid
Grid tampil pada dokumen sebagai serangkaian garis di belakang bidang kerja pada semua scene. Klik menu View > Grid , pilih ShowGrid. Grid ini membantu desainer dalam penempatan objek dalam scene, objek-objek yang ada juga dapat terkunci pada grid sehingga membantu Anda menempatkan sebuah objek pada lokasi tertentu. Caranya klik menu View > Grid, pilih Snap to Grid.
c. Menggunakan Guide
Guide (garis pandu) berguna membantu dalam menggambar dan menyusun penempatan objek-objek pada Stage dengan presisi tinggi. Klik menu View > Guides, pilih menu Show Guides. Flash MX juga dapat memaksa semua objek yang Anda geser atau Anda buat menjadi lengket pada guide yang terdekat bila Anda mengaktifkan efek snap to guide. Bila Anda mematikan / menonaktifkan efek snap to guide maka Flash MX tidak lagi melakukan “pemaksaan”. Klik menu View> Guides, pilih menu Snap to Guides.
Membuat Dokumen Baru
Dokumen Flash disimpan dalam file dengan ektensi .FLA dan sebelum bekerja dengan flash sebaiknya mengatur ukuran, frame rate, warna latar belakang, dan properti-properti lainnya untuk dokumen baru tersebut, gunakanlah kotak dialog Document Properties.
Untuk membuat dokumen baru sekaligus mengatur propertinya:
1. Klik File > New, klik menu Modify > Document
2. Kotak dialog Document Properties akan muncul, lalu lakukan setting pada pilihan-pilihan berikut ini:
| Ukuran Stage dalam satuan pixel, di dalam kotak teks masukkan nilai Width (lebar) dan Height (tinggi). Ukuran default 550x 400 pixels; sedang ukuran minimum adalah 1 x 1, dan ukuran maksimum adalah 2880 x 2880 pixels. | |
| Tombol Contents berguna mengatur ukuran Stage sehingga ruang di semua sisi menjadi sama. | |
| Pada Frame Rate, ketik angka frame animasi yang akan ditampilkan setiap detik. Untuk nilai default adalah 12 fps (frame per second) |
Untuk membuat dokumen baru berdasarkan template yang telah disediakan oleh Flash MX:
1. Klik menu File > New from Template.
2. Pilih daftar kategori pada kotak kategory list di dalam kotak dialog new document, lalu klik dokumen yang Anda inginkan.
3. Klik OK.
Menyimpan Dokumen Flash MX
Lakukan salah satu langkah berikut:
• Klik menu File > Save, untuk menyimpan dokumen yang sedang Anda kerjakan.
• Klik menu File > Save As, untuk menyimpan dokumen yang sedang Anda buka ke lokasi lain atau ke nama file yang lain.
Untuk menyimpan dokumen ke dalam format Flash :
1. Klik menu File> Save As.
2. Ketik nama file dan tentukan lokasi penyimpanan file.
3. Pilih Flash Document dari menu pop-up Format.Flash MX akan memberi peringatan jikamovie mengandung content yang tidak bisa disimpan ke dalam format Flash MX.
4. KIik Save.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar